Minggu, 29 Maret 2015

Ibadah Terakhir


“Bangun nak… udah subuh ayo shalat” ajak mama padaku.
“Iya ma… udah bangun nih” kataku pada mama.
Dengan agak ngantuk, kuturunkan kakiku ke lantai dan berjalan untuk mengambil air wud
hu’. Sesudah mengambil air wudhu’ aku shalat subuh berjama’ah bareng ayah, mama, kak syasa dan fahri. Lalu aku mandi dan bersiap-siap untuk bergegas ke sekolah, aku salami tangan ayah dan mama, dan “assalammualaikum” ucapku pada mama dan ayah. “Wa’alaikumsalam” ucap mereka lagi. Aku naik sepeda olahraga kesayangan ayah dan kukayuh pedal sepedanya sekuat tenagaku.
Aku sudah sampai di sekolah, tapi rasa lelahku masih ada. “Hello… good morning” sapa ririn dan nisa sahabatku.
“Good morning too… harusnya kalau jumpa sesama muslim ucap ASSALAMMUALAIKUM donk” sapaku sekaligus nasehatku pada mereka.
“Iya deh…” Kata ririn padaku.
“I too” sambung nisa.
“Sof, ke kelas yuk” ajak ririn padaku.
“Kalau aku gak diajak” rajuk nisa pada aku dan ririn.
“Kamu juga donk…” Ajakku pada nisa.
Aku, ririn dan nisa pun berjalan di kelas. “Nisa kamu bawa al-Qur’an?” Tanyaku pada nisa.
“Bawa donk..”
“Pinjam nis..”
“Nah…”
Nisa pun meminjamiku al-Qur’an, lalu kubaca juz 30. setelah membaca al-Qur’an, aku menuju mushalla yang dekat dengan sekolahku dan kumasuki uang saku ku semua dalam kotak infaq. kata ibu guruku beramal itu indah, hatiku menjadi tenang. Aku pun kembali menuju ke kelas karena bell sudah berbunyi.
Ketika aku di kelas, “semoga itu bisa jadi ibadah terakhir..” Kataku dengan bahagia. Tiba-tiba tetesan darah keluar dari hidungku. Semua teman yang melihatku terkejut. pandanganku menghitam, badanku lemas tak berdaya hingga aku terjatuh di lantai putih kelas.
“Dimana aku?” Tanyaku dalam hati. kulihat di sekelilingku semua indah yang tak dapatku ucapkan.” Apa ini namanya surga? tempat yang dijanjikan oleh Allah SWT untuk orang-orang yang beriman” tanyaku dalam hati lagi. aku pun berkeliling hingga puas dengan tempat ini.
Aku buka kelopak mataku perlahan-lahan, hidung dipenuhi selang dan tanganku ada infus. kulihat di sekelilingku ayah, mama, bu yulia dan semua temanku termasuk dua sahabatku. “Sofia udah sadar te..” Kata ririn dengan kegirangan pada mamaku.
“Dimana aku ma?” Tanyaku pada mama.
“Di rumah sakit sayang..” Jawab mama dengan sedih.
Tanganku merogoh saku yang berada di rok sekolah dan kuberikan pada mama dan mama pun membacanya
Surat untuk keluarga dan sahabat
Mama ayah aku masih menyayangimu, dan dapat yang aku ucapkan kepadamu hanya kata TERIMA KASIH atas segalanya. aku sebenarnya tak ingin meninggalkan ayah, mama, kak syasa dan fahri tapi ini takdir Allah SWT. Sudah 1 tahun aku terkena kanker darah. Allah, tante aina dan aku yang mengetahuinya. Aku dan tante aina sengaja tidak memberi taukan tentang penyakit ini aku takut ayah, mama, kak syasa dan fahri sedih atas penyakit ini, kata mama benar kalau beramal hidup akan tenang, dan terima kasih buat Ririn dan Nisa sahabatku telah mengajari apa arti hidup ini. jika aku pergi jangan tangisi aku lagi, aku sayang kok sama kalian semua dan ikhlaskan aku pergi dengan iringan doa.
Salamku
Sofia

Keluarga dan sahabatku menangis, “as’haduallah ila ha’illalah wa as’hadu anna muhammadar rasullah” kataku sambil melipatkan tangan, aku menghembuskan nafas terakhirku.


Karya : 
MIRZA
Xmia4 (SMA 1 BAE)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar